Latest News

Sejarah Internet Sepanjang Peradaban

Sejarah Internet - Tahukah kalian kapan Internet pertama kali dipopulerkan dan siapa orang yang pertama kali memperkenalkan jaringan internet di seluruh penjuru dunia. Temukan jawabannya di sini.

Sejarah Internet

Internet :
Internet adalah kepanjangan dari Inter connection network pertama kali dibentuk oleh sebuah lembaga militer Amerika Serikat pada tahun 1979. Awalnya jaringan internet ini diperuntukkan khusus ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Melalui proyek militer dari Departemen Pertahanan USA ubu mereka mencoba untuk mengkombinasikan antara kinerja perangkat Hardware dengan perangkat Software komputer yang pada saat itu masih berbasis UNIX.

Dengan inovasi yang mereka kembangkan ini, mereka sebenarnya mencoba untuk melakukan komunikasi jarak jau melalui jaringan telepon. Proyek besar yang disebut-sebut sebagai proyek yang menjadi latar belakang terbentuknya jaringan internet telah menguji beberapa hal melalui misinya itu, mulai dari perpindahan data dan informasi dan ternyata cukup besar saat melakukan uji coba tranfer file sehingga inilah cikal bakal terbentuknya protokol baru yang sampai saat ini kita kenal dengan sebutan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Sejarah Internet :
Pada awal dibentuknya proyek ini tentunya memiliki tujuan yang tak lepas dari kegiatan strategi militer. Melalui US Departemen of Defense atau Departemen Pertahanan USA sengaja membuat sebuah jaringan komputer yang saling terubung kemudian disebar di seluruh kawasan vital untuk mengatasi berbagai persoalan yang terjadi baik itu pertukaran informasi maupun menjaga dari serangan nuklir sehingga hubungan team semakin bisa terintegrasi dan terpusat.

Namun dengan tujuan lain, akhirnya ARPANET kemudian dipecah menjadi dua bagan yang memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda.

Dari dua pecahan tersebut diantaranya adalah MILNET.
MILNET memiliki fungsi untuk mengurus keperluan militer Amerika Serikat untuk menangkal dan memantau berbagai serangan musuh. Sedangkan pecahan yang lain adalah ARPANET baru yang lebih kecil namun hanya memiliki fungsi mengurusi keperluan Non-Militer seperi pendidikan universitas. Dari dua pecahan ini pada akhirnya dikenal dengan sebutan DARPA Internet yang sampai saat ini kita kenal dengan sebutan Internet.

ARPANET yang diperuntukkan untuk keperluan pendidikan di universitas, mencoba melakukan gebrakan dengan mempromosikan "Corporative Networking Time-sharing Computers" yang pada saat itu hanya memiliki empat buat host komputer yang dapat terhubung pada tahun 1960 hingga tahun 1969. Beberapa kampus yang mendapatkan kesempatan tersebut diantaranya adalah Universitas of California, Los Angeles, Stanford Research Institute, Santa Barbara serta Universitas of Utah.

Kemudian demi meningkatkan perkembangan pertukaran informasi melalui jaringan internet pada tahun 1965, Ted Nelson memperkenalkan Hypertext kepada publik. Dengan diperkenalkannya Hypertex ini sampai saat ini bisa dipergunakan untuk menampilkan berbagai dokumen hasil transmisasi via jaringan internet yang berisi tetang referensi-silang ke dokumen lainnya, ini yang disebut hiperlink. Hiperlink memiliki fungsi untuk menampilkan dokumen-dokumen yang saling terhubung dengan waktu yang relatif sangat singkat.

Untuk melihat bagaimana perkembangan internet yang terjadi sepanjang sejarah peradabannya. kita lihat data di bawah ini :

1957 : Uni Soviet yang sekarang bernama Rusia berhasil meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik

1965 : Hypertext berhasil diperkenalkan oleh Ted Nelson

1971 : Ray Tomlinson berhasil melakukan penyempurnaan program e-mail (Electronic Mail) yang pernah ia ciptakan untuk ARPANET dan selanjutnya diperkenalkannya ikon "@" sebagai lambang penting untuk E-mail.

1974 : Bapak Internet, Vint Cerf dan Bob Kahn memperkenalkan spesifikasi detail protokol TCP dalam sebuah artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".

1977 : ARPANET sudah dapat menghubungkan lebu dari 111 unit komputer

1978 : Protocol TCP kemudian dibagi menjadi dua yaitu TCP dan IP (TCP/IP)

1980 : ARPANET memiliki anggota lebih dari 213 host yang saling terhubung ke BITNET (Because It's Time Network). Hal tersebut menjadi titik awal penyediaan layanan E-Mail, Mailing List serta FTP (File Transfer Protocol).

1982 : Internet pertama kali digunakan oleh seluruh penjuru dunia selanjutnya TCP/IP digunakan sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.

1982 : Awal mula diperkenalkannya nama domain yang kemudian kita kenal hingga sekarang dengan sebutan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk melakukan segaraman nama alamat di jaringan komputer.

1988 : Jarko Oikarinen dari Finlandia memperkenalkan IRC.

1990 : Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang dapat melakukan penjelajahan komputer yang saling terhubung dan program inilah yang disebut WWW (World Wide Web).

1994 : Yahoo! berdiri dan sekaligus lahirlah Netscape Navigator dan mulai tahun itulah peradaban dunia mulai berubah.

1998 : Raksasa internet yang saat ini sedang memakai makotanya, Google dilahirkan pada tahun tersebut.


Dari data tahun di atas jelas menyebutkan bahwa perkembangan teknologi internet pada masa itu sangat baik dan bertahap sehingga apa yang ditemukan oleh para pendahulu kita bisa kita nikmati rasanya sampai saat ini. Dengan hadirnya internet manusia lebih dipermudah dalam berbagai urusan baik efisiensi pertukaran data secara real time tanpa kita harus berjalan jauh cukup klik tombol send maka data atau informasi telah terkirim.

Semoga bermanfaat.



Resource : wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.