Latest News

Google Bersedia Bayar Bagi Informan Celah Keamanan Sistemnya

Google
Berbagai upaya bisa dilakukan oleh perusahaan pengembang software untuk dapat menemukan berbagai celah keamanan yang dimiliki. Berbagai cara tersebut diantaranya adalah dengan meminta bantuan kepada para penggunanya untuk bisa menemukan serta melaporkannya kepada perusahaan dan tentunya dengan reward "uang" dengan nilai tertentu dan tentunya sangat menggiurkan.

Salah satu perusahaan yang menggunakan trik ini adalah perusahaan besutan Larry Page. Google merupakan perusahaan penyedia jasa mesin pencarian terbesar di dunia tentunya memiliki celah yang dapat membahayakan perusahaanya akibat ulah-ulah jahil para hacker yang mencoba mencari keuntungan dalam serangan cyber tertentu. Akan tetapi dengan upaya pemburuan bug dengan hadiah tinggi, kini Google telah berhasil menutup lebih dari 2.000 celah yang ada sepanjang 3 tahun belakangan ini.

Dengan "berburu bug" ini, Google telah banyak menghabiskan dana yang ditaksir kira-kira mencapai 2 juta dollar USA. Masing-masing 1 juta dollar USA untuk program Chromium VRP dan 1 juta dollar USA sisanya untuk program Google Web VRP.

Demi memancing minat para pengguna untuk bisa membantu menemukan celah keamanan Google, pihaknya akan berencana untuk meningkatkan nominal hadiah mencapat 1.000 dollar USA atau setara dengan Rp. 10 juta. Dan nantinya pun hadiah ini akan ditingkatkan mencapai 5.000 dollar USA atau setara dengan Rp. 50 juta. Hadiah ini diberikan tergantung dari seberapa sulit celah tersebut ditemukan.

Selain Google, beberapa perusahaan besar teknologi lainnya yang menggunakan upaya "Berburu Bug" ini adalah Facebook. Perusahaan besutan Mark Zuckerburg ini telah menggelontorkan dana sebesar 1 juta dollar USA untuk proyek besar ini.

Disusul Mozilla dan Microsoft yang kemudian juga menggunakan program ini untuk mengetahui celah-celah kemanan yang rentan terhadap aksi serangan kepada hasil produksi mereka.

Upaya pemberian hadiah ini diupayakan untuk memberikan motifasi terhadap para peretas untuk bisa melaporkan hasil temuan bug nya kepada perusahaan untuk ditukar dengan sejumlah uang.



Source : http://tekno.kompas.com/read/2013/08/13/1640074/Google.Mau.Bayar.Lebih.untuk.Pelapor.Lubang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.