Latest News

Firman Azhari - The Winner of Cyber Security From Indonesia

Firman Azhari - Dari Scripsi jadi juara utama
Kini satu lagi nama pemuda telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Firman Azhari melalui skripsinya yang berjudul "Detection of Security Vulnerablility in Indonesian NFC Applications" telah berhasil menjuarai kompetisi Cyber Security for the Next Generation 2013 di London, Inggris dan bahkan tak tanggung-tanggung, ia menyabet gelar juara pertama dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Kaspersky.

Menurutnya, aplikasi Near Field Communications (NFC) buatannya mampu menganalisa terhadap berbagai jenis kerentanan keamanan untuk e-payment dan data identitas elektronik. Dan semua kerentanan tersebut bisa diketahui melalui aplikasi mobile NFC Inspector.

NFC Inspector karyanya akan bekerja melakukan analisa vulnerable sistem NFC dengan cara melakukan pemindaian terlebih dahulu, jika pemindaian selesai maka sistem akan melakukan deteksi kerentanan apa saja yang ada.

Sebagai informasi bahwa aplikasi NFC Inspector buatan pemuda asli bandung ini tidak diperjual belikan di toko aplikasi manapun, alasannya adalah ditakutkan fungsi yang bisa dilakukan oleh NFC Inspector yang mempu melakukan deteksi celah justru akan disalah gunakan. Firman juga menambahkan bahwa aplikasi ini hanya diperuntukkan guna kepentingan kompetisi dan penelitian keamanan cyber security saja.

Dalam kompetisi yang diselenggarakan di Royal Holloway, University of London pada 24 - 27 Juni 2013 lalu, Firman telah menggusur posisi 13 pemenang regional dari 10 negara yang mengikuti lomba tersebut. 13 pemenang tersebut berasal dari kawasan Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, Eropa serta Rusia.

Sebagai juara pertama dalam kompetisi bergengsi ini, Firman membawahi Dusen Repel dari University of Plymouth, Inggris sebagai juara ke dua dan pada urutan ke tiga disabet oleh Iwan Gulenko dari Technical University of Munich, Jerman.

Menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi seorang Firman bisa menjadi The Winner kompetisi Cyber Security yang diadakan oleh Kaspersky di London. Dengan pemenangan ini pemuda yang suka sekali bermain musik ini semakin yakin dan bertekad untuk melanjutkan studi dalam bidang keamanan IT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.