Latest News

Cara Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog - Bagi para blogger judul ini mungkin bukanlah hal yang aneh lagi di telinga, Judul Cara Mempercepat Loading Blog sudah banyak bertebaran di mesin pencari dan telah ditulis hampir ribuan blogger di seluruh indonesia, kalo di luar negeri ada sih cuman dengan bahasa mereka sendiri lah pokoknya, nggak tau saya! Hehehe.

Loading Lama


Jika kalian para blogger menemukan konten blog saya ini, saya yakin kalian adalah orang-orang yang mungkin sedang mengalami lola (Loading Lama) pada blog kalian. Tapi tenang, setiap kesusahan pasti ada jalan keluar kok.

Apabila blog kalian sedang mengalami penyakit LOLA (Loading Lama), sebaiknya kalian perhatikan beberapa hal diantaranya ya sebab musabab mengapa blog kalian terasa berat saat diakses. Saya yakin pasti semua itu ada sebabnya dan mungkin masih banyak dari kalian terutama para blogger pemula mengerti dan memahami sebab-sebabnya.

Beberapa hal yang mesti kalian perhatikan adalah :
1. Widget
Jelas sekali ini biasanya selalu dialami oleh para blogger pemula, mereka biasanya selain menampilkan konten yang baik, mereka juga terpesona dan tergiur dengan desain dan tampilan blog yang lebih ramai dan indah. Tapi ternyata masih banyak blogger ini yang mengabaikan fungsi widget. 

Lihat pada blog kalian yang sedang mengalami loading lama apakah terdapat widget yang tidak terlalu berguna. Saran saya sebaiknya kalian mengurangi atau bahkan menghilangkan widget-widget yang kurang bermanfaat seperti slide foto, jam atau apapun yang berisi gambar atau flash. Gunakan widget seperlunya saja sehingga bisa mengurangi beban akses situs blog kalian.

2. Gambar
Setiap file gambar pasti memiliki ukuran tertentu baik dari segi piksel maupun kapasitas. Semakin besar piksel gambar maka semakin besar pula kapasitasnya dan sudah pasti semakin berat gambar tersebut ditampilkan di web browser. 

Saran saya, sebaiknya kalian gunakan gambar-gambar yang optimalis dan dengan ukuran yang kondusif. Jika kalian hanya butuh gambar dengan ukuran 500x500 piksel saja sudah cukup kenapa harus menggunakan gambar dengan ukuran 2000x2000 piksel. Hal ini juga ternyata memiliki kontribusi untuk membuat blog semakin lama diakses.

3. CSS (Cascading Style Sheet)
Dalam urusan desain tampilan kita sudah tahu bahwa CSS memiliki tonggak utama dalam suatu desain tampilan. Tanpa CSS maka tampilan blog atau website akan terkesan basi dan monoton. Maka dengan dibesutnya CSS ini tampilan blog atau website semakin cantik dan rapih. Lalu apa hubungannya dengan loading blog ?

CSS terdiri serangkaian kode program yang berisi kumpulan variable dan statusnya. Jika banyak atribut yang akan kita definisikan desainnya, maka semakin banyaklah script CSS yang kita butuhkan. Semakin banyak script yang kita gunakan maka semakin banyaklah data yang akan dibaca oleh web browser kita. Dan semakin banyak data yang dibaca web browser kita, maka semakin berat akses halaman yang ditampilkan.
Jadi jelas bahwa CSS ternyata memiliki peran dalam hal keLoLaan akses halaman blog atau website.

Biasanya untuk mengoptimalkan CSS agar lebih ringan dibaca, biasanya digunakan teknik Outline. Maksutnya adalah dengan meletakkan kumpulan kode CSS dalam sebuah lembaran dengan ekstensi.css kemudain kalian upload ke sebuah media penyimpanan cloud, baik di server maupun di Google Drive. Setelah itu kalian bisa panggil ke lembar template blog menggunakan perintah script seperti di bawah ini :
<link rel="stylesheet" href="Link_Location_CSS_File" type="text/css" />

4. Javascript / JQuery
Selain itu penggunaan script Javascript / JQuery yang berlebihan juga memiliki kontribusi untuk membuat halaman blog kalian lemot. Maka saran terbaik lagi dari saya, gunakan script Javascript / JQuery seperlunya saja.

Sedikit tambahkan untuk penggunaan kode Javascript / JQuery, sebaiknya letakkan pada area sebelum kode </body>. Dengan meletakkan kode Javascript / JQuery di atas </body> maka script tersebut akan diload belakangan sehingga konten bisa terbaca lebih dahulu untuk ditampilkan. Namun jika kalian meletakkannya pada area sebelum kode </head> maka Javascript / JQuery akan dibaca pertama.

Mungkin demikian sedikit tentang beberapa hal yang bisa menjadi perhatian dan solusi bagi kalian para blogger yang memiliki blog dengan halaman yang berat saat diload.

Ingat, perhatikan siapa target pengunjung blog kalian, jika mayoritas target visitor kalian adalah orang-orang di kawasan Indonesia sebaiknya kalian benar-benar memperhatikan hal di atas, tidak semua pengunjung kalian memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat, khususnya di kawasan Indonesia. Semoga ini bermanfaat dan mohon kritik serta sarannya untuk penyempurnaan konten ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.