Latest News

Mengapa Harus Blogspot?


Ini adalah sebuah penggal pertanyaan yang kadang terlontar untuk para blogger yang menggunakan subdomain dari google ini. Mengapa blogspot, mengapa harus blogspot. Sebenarnya bukan sebuah keharusan, akan tetapi sebuah selera saja. Setiap blog yang ada di internet bebas menggunakan jasa blog dari mana saja, boleh memakai Blogspot, Wordpress, ataupun Multiply. Jawaban secara tegas dari saya adalah "BEBAS", yang penting kreatifitas yang lebih punya nilai lebih.

Dan kembali mengutip sepenggal pertanyaan di atas Mengapa harus Blogspot? Sebenarnya ini ada alasan mengapa secara pribadi saya memilih blogspot sebagai layanan subdomain yang saya gunakan untuk menuangkan segala bentuk kreatifitas jurnalistik saya. Yang menjadi alasan paling dasar adalah saya lebih bisa berkembang. Oke, biar agak rapih saya memberikan alasan dan argumen saya, akan coba saya jelaskan point per-point.

Lebih Mudah :
Ini alasan klasik yang sering saya utarakan jika ada yang menanyakan perihal alasan saya memilih blogspot sebagai halaman blog saya. Mudah daftarnya, Rapi stylenya.

Menunjang Kreatifitas :
Nah, kalau yang ini sedikit membuat bobot jawab saya mengenai pertanyaan di atas. Secara umum blogspot mudah di-custome tampilannya, maka dari itu kita bisa berimprovisasi tentang bagaimana gaya tampilan blog kita sesuai dengan minat kita sendiri. Yang penting jangan pernah meninggalkan kode-kode penting dari blogger itu sendiri, ya kalau dihilangin maka postingan kita tidak akan tampil. Sampai saat ini jujur saya saja belum faham betul bagaimana koneksi database google dengan blogspot. Tapi biarlah, toh bisa tampil ini kan. Hehehehe.
Tapi yang paling asik adalah kita bisa belajar CSS, HTML, Jquery sendiri karena seluruh scriptnya kita bisa otak-atik secara bebas, asal seperti yang saya jelaskan barusan, jangan meninggalkan script utama dari bloggernya dan ingat juga jika template blogger dibuat menggunakan file XML.

Lebih Ringan :
Memang pada dasarnya setiap blog atau website bisa kita ringankan estimasi load nya asalkan tidak banyak mengandung script dan gambar yang membuat bandwith berat. Jika menggunakan blogspot, widget yang saya gunakan adalah hasil rekayasa script yang saya kelola sendiri, akan tetapi jika anda menggunakan blog Wordpress misalnya, kita lebih condong menggunakan plugin untuk menambah komponen stye atau widget, dan tentunya setiap plugin memiliki modul-modul sendiri, dan ini yang kadang blogger melalaikannya sehingga manajemen plugin tidak terkendali dan efeknya jelas halaman blog akan semakin berat.

Mungkin itu saja kali ya yang paling sering ditanyakan kepada saya mengenai Mengapa Harus Blogspot!
Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat buat anda semua ya, dan jika ada yang salah silahkan berikan sanggahan, kritik atau saran anda. Karena saya tahu segala yang benar cuman milik Allah SWT. Salam Blogger sejati!

2 komentar:

  1. Setuju dgn artikel diatas, sy pun udah betah berlama2 di dunia blogging :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mbak Bro. Kita junjung tinggi-tinggi jubah Blogger kita :D

      Hapus

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.