Latest News

Microsoft Minta Google Blokir Situsnya

Microsoft, Google, LeakID

Heboh di jagad dunia maya tentang kabar Microsoft meminta Google memblokir situsnya. Jika benar maka hal ini sangat konyol, sama artinya Microsoft bunuh diri. Lantas bagaimana kebenaran berita tersebut ?

Sebagai sebuah badan usaha tentunya perusahaan tidak ingin hak ciptanya dibajak secara ilegal, hal ini tentunya bisa menuai kerugian finansial secara fiskal. Bahkan hampir banyak perusahaan-perusahaan yang telah kena bajak oleh berbagai pihak baik untuk dikonsumsi sendiri maupun diperjual belikan.

Salah satu perusahaan yang getol melawan aksi pembajakan hak cipta ini adalah Microsoft. Perusahaan teknologi yang didirikan oleh Bill Gates ini menyewa jasa LeakID sebagai pihak ke tiga yang membantunya untuk memberantas aksi pembajakan berbagai produk ciptaan Microsoft. Perusahaan pencipta Windows ini mengaku menyewa jasa LeakID karena pihaknya tidak bisa mengecek berbagai aksi pelanggaran hak cipta di seluruh website serta blog di penjuru dunia.

Setelah Microsoft menggandeng LeakID untuk membantu persoalan tersebut, kini LeakID telah aktif melaporkan berbagai tautan yang disinyalir melanggar hak cipta Microsoft kepada Google untuk segera dibumi hanguskan.

Namun kejadian runyam terjadi, pihak Google ternyata menerima laporan pemblokiran situs yang diajukan oleh LeakID yang mengatasnamakan Microsoft. Salah satu dari sekian banyak website yang dilaporkan ternyata terdapat website Microsoft sendiri yang beralamatkan di  www.microsoft.com/france . Sebuah situs resmi milik microsoft yang memuat bahasa dan diperuntukkan bagi user di kawasan negara Perancis ini masuk ke dalam daftar laporan situs yang melanggar hak cipta.

Sumber dari Kompas - LeakID

Entah sengaja atau tidak, LeakID melaporkan situs-situs yang memuat tautan pembajakan serta pelanggaran hak cipta yang salah satu diantara situs tersebut adalah situs milik Microsoft yang memuat dukungan teknis dalam bahasa Perancis.

Betapa untungnya Microsoft menerima kesalahan yang dilakukan oleh rekan kerjanya tersebut. Google masih belum memiliki sebuah sistem otomatis khusus yang digunakan untuk melakukan pemblokiran situs, Google masih melakukan pemblokiran dengan cara manual. Sebelum situs Microsoft perancis ini diblokir, pihak Google mencoba melakukan klarifikasi terlebih dahulu.

LeakID ternyata diduga telah melakukan kesalahan fatal tersebut hampir beberapa kali. Salah satu yang pernah menjadi korban kesalahan fatal LeakID adalah HBO pada Februari 2013 silam.

Selain itu LeakID pernah melawan dengan bangga terhadap salah seorang Blogger yang telah mengunggah sebuah file berformat PDF sebanyak 28 page yang berisikan tentang olahraga catur. Namun anehnya tulisan yang digugat LeakID adalah hasil tulisan asli Blogger tersebut.

Lalu siapa lagi yang akan menjadi korban dari kesalahan LeakID ini selanjutnya ?



Resource : http://tekno.kompas.com/read/2013/08/01/1139369/Microsoft.Kok.Minta.Google.Blokir.Microsoft.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.