Latest News

Menyembungikan Author, Label, Jumlah Komentar pada Halaman Statis di Blog

Cara untuk menyembungikan author, Label serta jumlah komentar pada halaman statis di blog atau static page yang biasanya muncul di setiap postingan muncul karena set konten saat kita telah membuat sebuah konten blog. Ada beberap template yang tidak menampilkan hal tersebut namun kebanyakan dari para desainer template tetap menayangkan label, author dan jumlah komentar di setiap halaman statis templatenya.

Namun jika kalian ingin meniadakan hal tersebut di halaman statis blog, ada cara mudah untuk melakukannya. Dan tepat di artikel tutorial blogging ini insya Allah kalian akan sedikit mendapatkan pencerahan.

Artikel ini saya buat karena hasil iseng ngacak-ngacak template sendiri dan kebetulan bim salabim abra kadabra, author, label dan jumlah komentar di halaman statis blog saya berhasil saya sembunyikan. Bisa kalian lihat gambar di bawah ini.

Label Author Jumlah Komentar Disembunyikan

Namun karena saya termasuk orang yang sedikit suka eksis, jadi Label, Author dan Jumlah komentar pada halaman statis blog saya tetap saya tayangkan hanya untuk memenuhi hasrat eksis saya itu. #Nggak Penting Banget Broo..... :P

Okelah, dari pada banyak cincong pancong, mari kita langsung menuju ke TKP materi yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu cara Menyembunyikan Author, Label dan Jumlah Komentar pada Halaman Statis Blog.

Pertama-tama kita coba Inspect Element pada halaman static blog anda. Tujuannya jelas untuk memeriksa halaman dan menentukan target elemen yang akan kita sembunyikan.

- Silahkan blok pada Label/Author/Comments
- Klik kanan pada elemen yang kita sudah blog tadi
- Pilih Periksa Elemen / Inspect Element.
Ilustrasinya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini :



Jika udah inspecting element berhasil, maka kalian akan ditampilkan halaman kurang lebih seperti gambar di bawah ini. (View akan sesuai jika kalian melakukan Inspecting Element menggunakan browser Google Chrome).

Pada gambar di atas, silahkan kalian perhatikan ada dua colom terpisah. Untuk kolom sebelah kiri adalah halaman yang memuat informasi tag elemen HTML, sedangkan untuk kolom kanan akan memuat perintah CSS. Dan yang diblok adalah elemen target yang akan kita sembunyikan nanti.
Jadi dengan Inspecting Element, kita telah menemukan target elemen yang akan kita sembunyikan. Jadi Label, Author dan jumlah komentar ini berada di dalam atribut <div class="postmeta"> dan atribut tersebut desainnya diatur dengan CSS bernama .postmeta. Setelah mendapatkan targetnya, lantas apa yang harus kita perbuat kepada dirinya?

Menyembunyikan Elemen dengan Tag Kondisional.
Selantnya kita masuk ke halaman Edit HTML pada template blog kita. Kemudian silahkan cari atribut CSS dengan nama .postmeta dengan cara menekan tombol CTRL+F untuk memudahkan kalian melakukan pencarian script. Posisinya rata-rata sebelum kode ]]></b:skin>
Jika sudah ketemu, silahkan berikan tag kondisional display: none; seperti di bawah ini :

Keteranga : Jika atribut css .postmeta belum tersedia, silahkan kalian tambahkan sendiri seperti di atas.

Oke, silahkan kalian perhatikan kode di atas. Di sana jelas yang kita mau adalah mengatur agar atribut postmeta tidak ditampilkan sehingga keterangan Label, Author, dan Jumlah Komentar juga bisa disembunyikan keberadaanya. Dengan menambahkan tag kondisional display: none; maka .postmeta akan disembunyikan.

Apakah dengan penjelasan ini kalian semua sudah memahaminya, jika masih ada yang masih belum memahami silahkan kita diskusikan di kolom komentar di bawah ini.

terima kasih atas kunjungan kalian, semoga ini bermanfaat dan tetaplah berkreasi serta jangan mudah puas. Happy Blogging. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.