Latest News

Jumlah Aktifitas Hacking di Indonesia Meningkat

Hacker Indonesia
Hacker adalah seseorang yang mencoba menerobos sebuah sistem keamanan sebuah jaringan atau server yang digunakan untuk diri sendiri dan bukan untuk kejahatan atau yang biasa disebut dengan cyber crime. Akan tetapi seorang hacker yang mencoba merusak atau mencuri data untuk kepentingan diri sendiri maupun orang lain inilah yang disebuh Cracker.

Namun umum diucapkan oleh masyarakat, orang yang menerobos ini dan merusak adalah hacker. Terlepas dari sebutan Hacker atau Cracker, saya mendapatkan kabar dari website Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/Coordination Center (IDSIRTII/CC) bahwa data mengejutkan angka penetrasi di Indonesia sangat luar biasa. Aktifitas Hacking semakin banyak saja ditemukan oleh tim IDSIRTII.

Angka fantastis ini dinyatakan bahwa terdapat hampir 45 juta penduduk di Indonesia ternyata sudah melet inyternet, dan ini tentunya dibarengi dengan anga penyerangan di dunia maya. Pada tahun 2011, IDSIRTII menyebutkan tercatat didapati 50,6 juta usaha penyerangan yang dilakukan dengan cara menginfeksi suatu jaringan komputer.

Angka ini ternyata meningkat di tahun 2013. IDSIRTII juga menyebutkan dalam periode Oktober 2012 hingga Mei 2013 setidaknya didapati berbagai serangan yang berjumlah 110 per harinya. Angka yang fantastis tentunya.

Hal ini semua dinyatakan oleh ketua Id-SIRTII, Rudi Lumanto yang berhasil dikutip dari idsirtii.or.id, "Ini menandakan aktivitas internet yang luar biasa di Indonesia".

Rudi juga menyampaikan bahwa ada sekitar 60% diantaranya telah melakukan retasan di indonesia, namun kebanyakan mereka melakukannya dengan teknik SQL Injection, yang kemudian dilanjutkan dengan serangan Domain Name Server (DNS), WEB, Windows dan kemudian selanjutnya mereka baru menyebarkan Botnet.

Semua aktifitas serangan ini tidak mudah untuk dihentikan bahwa bak menggarami air laut. Namun sejumlah pihak harus lebih peduli terhadap fenomena yang terjadi di era teknologi saat ini, baik itu dari instansi pendidikan maupun pemerintahan harus peduli karena kedua pihak instansi inilah yang memiliki potensi besar terhadap kemajuan teknologi informasi di tanah Air Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.