Latest News

Berapa Biaya Google Akuisisi Waze ?

Google Akuisisi Waze

Geger kabar terkuak tentang nominal dana yang akan digelontorkan Google untuk mengakuisisi Waze. Sempat beberapa saat kabar tentang Nominal dana yang akan digunakan sempat bungkam, namun berkat media KompasTekno telah diketaui via doukumn tentang berapa besar dana yang akan digelontorkan untuk mengakuisisi perusahaan asal Israel tersebut.

Pada awalnya Google disinyalir merogoh kocek mencapai 1,3 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp. 12,7 triliun untuk mengakuisisi Waze, namun dokumen yang dimaksut tersebut menyatakan bahwa Google tidak menggelontorkan dana mencapai angka 1 miliar dollar AS.

Info yang diperoleh bahwa Google sebenarnya akan memboyong Waze dengan mahar senilai 966 juta dollar AS atau setara dengan Rp. 10,2 triliun. Selain nominal uang yang diperuntukkan membeli Waze, dokumen rahasia tersebut juga mengatakan bahwa Google telah membeli 7 perusahaan kecil lainnya selama kurun waktu kuartal ke dua pada tahun 2013. Untuk tujuh perusahaan tersebut Google hanya menggelontorkan dana sebesar 53 juta dollar AS.

Waze telah resmi menjadi milik Google pada pertengahan bulan Juni 2013 silam. Dalam upaya pembelian Waze, ternyata Google telah berhasil mengalahkan perusahaan besar lainnya seperti Facebook, Nokia, dan Apple.

Pada awalnya negoisasi Facebook kandas karena Waze menginginkan sebanyak 110 karyawannya untuk tetap bisa berada di Israel. Pada akhirnya Google yang memenangkan pertarungan sengit tersebut. Dengan modal kepemilikan kantor di Tel Aviv dan di kota pelabuhan Haifa, Google resmi menang dan tetap bisa mengizinkan para karyawan Waze untuk bisa bekerja di negara asalnya.

Waze adalah sebuah perusahaan Map yang didirikan oleh Uri Levine, Ehud Shabtai, dan Amir Shinar pada tahun 2008. Waze sampai saat ini telah memiliki lebih dari 40 juta pengguna terdaftar terhitung per bulan Februari 2013. Sebagai sebuah perusahaan GPS sosial, Waze mampu memberikan petunjuk jalan lalu lintas ke lokasi tujuan secara akurat karena telah didukung oleh Database pemetaan yang ia miliki dan memang terbilang sangat lengkap. Hal ini ia meroleh dari sumbangan informasi dari para pengguna setianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.