Latest News

Blog Terselubung Ditendang Google

Blog Terselubung

Beberapa hari yang lalu saya menemukan kabar yang sangat unik dari salah satu penggiat blogger. Blog Terselubung yang beralamatkan di www.terselubung.blogspot.com ternyata telah ditendang dari peredaran oleh Google. Entah kasus apa yang terjadi sehingga Google dengan terang-terangan menutup blog yang dianggap fenomenal itu.


Kabar pemusnahan blog Terselubung ini saya dapatkan dari blog Kang Ismet. Melihat dari berita yang dituliskan oleh beliau saya menjadi bertanya-tanya ada apakah sebenarnya kasus yang terjadi antara Google dan Terselubung sehingga blog Terselubung dideportase dari peredaran blogspot.

Sambil mencari dan terus mencari berita yang terkait, hampir semua mengatakan bahwa sang admin Terselubung ternyata telah menyalahi aturan TOS yang ditatapkan oleh Google. Dalam berbagai postingan yang disuguhkan oleh Terselubung ternyata mayoritas adalah artikel hasil plagiat (Copas). Melihat berita tersebut sempat geleng-geleng kepala. Pasalnya saat saya cek blog Terselubung ternyata telah memperoleh peringkat yang sangat baik. Dari data Pagerank terakhir yang saya kutip blog Terselubung yang beralamatkan di www.terselubung.blogspot.com memiliki pringkat 4 serta di alexa menempati posisi 15 ribu pengunjung.

Data dari PRChecker

Data dari Alexa

Bagaimana bisa blog yang memiliki posisi tinggi tersebut bisa menjadi korban banned dari Google. Ini adalah sebuah pelajaran berharga bagi kita semua untuk tetap mematuhi aturan-aturan yang ada. Kabar ini tentunya menjadi sebuah ancaman besar bagi para penggiat Copas atau Copaster untuk lebih berhati-hati bahkan diharapkan untuk menghentikan aktifitas buruknya itu jika tidak ingin mengalami hal serupa dengan Terselubung.

Selain itu keheranan saya berlangsung saat melihat Terselubung telah hadir dengan alamat baru di www.terselubung.co.id. yang menjadikan saya penasaran adalah kok bisa terselubung memiliki alamat dengan domain .co.id. Menurut beberapa situs pembelian domain, untuk mendapatkan domain .co.id ternyata tidak mudah, ada beberapa hal yang perlu diajukan untuk bisa mendapatkan domain tersebut.

Just info, berikut adalah beberapa ketentuan yang dilampirkan untuk mengajukan diri memiliki domain .co.id :
1. Scann KTP Penanggung Jawab / Owner
2. Scann SIUP atau Akta Notaris
3. Scann Kepemilikan Brand / Merk.

Jika melihat dari syarat umum mengajukan pembelian domain .co.id tentunya sangat mustahil si admin Terselubung mendapatkan domain tersebut. Akhirnya saya melanjutkan pencarian tentang berita Terselubung. Pada akhirnya saya mendapatkan sebuah jawaban bahwa alamat website yang bertempat pada www.terselubung.co.id ternyata telah didaftarkan pada tanggal 13 Februari 2012. Melalui informasi tersebut jelas bahwa domain terselubung.co.id telah didaftarkan sebelum blog terselubung.blogspot.com ditendang oleh Google, mungkin pada awalnya memang sang admin telah meprediksikan bahwa Google akan melakukan penghapusan blog yang notabane nya berisikan artikel copas.

Hasil trackting domain via Who.is

Beberapa hal yang bisa dipetik dari pelajaran kali ini adalah :

  1. Jika ingin menjadi blogger sejati, haramkan diri kalian terlebih dahulu untuk melakukan plagiating.
  2. Jangan melanggar ketentuan-ketentuan TOS Google jika blog kalian ingin disayang Google.
  3. Jika ingin copas, usahakan jangan mempublish konten secara utuh, lakukan modifikasi pada konten serta budayakan untuk mencantumkan sumber artikel.
  4. Harga jerih payah orang lain karena menulis artikel itu tidak mudah, butuh waktu banyak untuk menulis satu buah artikel saja. Jadi dengan melakukan plagiatisme membuat kalian semakin kurang memiliki harga diri bahkan Google akan menilai buruk blog kalian.

Semoga kasus ini menjadikan sebuah pelajaran bagi kita semua khususnya para blogger yang gemar sekali melakukan copas artikel orang lain tanpa ijin dan tanpa etika yang baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.