Latest News

Zeus : Malware Serang Kembali Situs Jejaring Sosial

Zeus Malware
Mungkin kalian pernah mendengar serangan malware berbahaya yang dilancarkan ke sebuah akun pada situs jejaring sosial. Beberapa tahun belakangan ini memang masyarakat lebih banyak melupakan kasus serangan cyber yang satu ini. Sebuah malware yang bernama Zeus pernah menyerang dan kini kembali lagi pada sebuah situs jejaring sosial Facebook.

Zeus adalah sebuah program malware global yang memang digunakan untuk penyerangan terhadap komputer melaui sebuah email dan keberadaannya tetap tersembunyi hingga pada akhirnya kalian masuk ke sebuah situs Bank. Dari kegiatan malware inilah dapat dilaporkan bahwa sebuah malware akan menyadap password kalian dan tentunya akan menyerang ke account user kalian. Namun nampaknya malware yang satu ini tak cukup puas dengan aksinya semacam itu. Malware yang bernama Zeus ini akan mencoba melakukan tindak kejahatan yang lebih ganas lagi. Zeus akan mencoba membuat kalian memberikan berbagai informasi penting secara detail. Baik itu berupa security number, credit card number dan berbagai informasi penting kalian hingga pada akhirnya kalian login ke sebuah akun Bank.

Malware Zeus ini memanglah bukan produk cyber crime baru, akan tetapi Zeus sudah ada sejak tahun 2007 silam, namun nampaknya akhir-akhir ini Zeus makin berani menunjukkan taringnya sebagai penjahat cyber yang ulung. Kegiatan serangan yang ia lakukan semakin ganas dan condong terus mengalami peningkatan.

Menurut data yang berhasil dikutip dari Yahoo (7/6/2013), sebuah perusahaan keamanan, Trend Micro mensinyalir bahwa pada tahun 2013 ini akan menjadi masa bangkitnya kejahatan cyber. Kabar peningkatan kecemasan serangan cyber crime ini datang dari sebuah tautan yang berbahaya datang dari sebuah fane page NFL yang memang memiliki tingkat popularitas di Facebook.

Bagaimana Malware Zeus ini bekerja ?
Zeus ini akan bekerja jika kalian tidak sengaja nge-klik sebuah tautan yang memang telah tertanam Malware. Seluruh data sadapan ini akan dilaporkan ke sebuah pusat gang kriminal di Rusia. Menurut Yahoo yang telah berhasil mengutip dari harian New York Time melaporkan tentang organisasi kejahatan dunia mata, Russian Business Network ini telah berhasil ditautkan ke berbagai aktifitas online crime. Berbagai kegiatan pencurian data ini didapatkan oleh Russian Business Network dan kemudian dilakukan monopoli hingga ke jual beli data.

Nah, mungkin membaca penjelasan kabar di atas membuat kita semakin ketar-ketir menggunakan Facebook. Namun nampaknya kalian jangan terlalu cemas dahulu. Demi memenuhi rasa aman dan nyaman saat menggunakan fasilitas publik jejaring sosial. Kalian bisa mencegah ancaman dari serangan Malware ini dengan cara mengunjungi halaman keamanan di Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.