Latest News

Video With HTML5

Video With HTML5
Dahulu sebelum HTML5 muncul, media untuk menampilkan objek video di halaman web biasanya menggunakan Flash atau Embled. Namun saat HTML5 diperkenalkan, pemutar objek video sudah tidak lagi menggunakan flash atau embled, namun W3C telah mengeluarkan sebuah atribut pemutar video khusus dan tentunya ini lebih dringan daripada kita menggunakan Flash atau Embled.

Atribut Video ini bisa kita lihat di bawah ini :
<video controls="controls">
 <source src="movie.mp4" type="video/mp4">
<source src="movie.ogg" type="video/ogg">
</video>
Atribut di atas dapat memutar video kalian dengan menggunakan atribut <VIDEO> dan diakhiri oleh atribut penutup </VIDEO>. Dan ada juga penambahan tag elemen CONTROLS, dengan penambahan elemen CONTROL ini, video dapat dilakukan controlling video seperti pause, pengaturan suara, like play dan prev.

Script di atas juga telah ditambahkan atribut <SOURCE>, atribut source ini digunakan untuk menentukan file video kalian yang nantinya akan dipanggil dan dijalankan pada halaman web browser kalian.

Sebagai tambahan, HTML5 belum seluruhnya mendukung seluru platform, akan tetapi hanya beberapa yang mendukung dan dapat berjalan dengan sempurna di halaman web browser. Selain itu video pun memiliki jenis format yang berbeda-beda, ada MP4, WebM, dan Oog. Dan semuanya ternyata ada yang belum dan ada yang sudah didukung oleh lintas platform. Diantaranya adalah kita bisa melihat tabel di bawah ini :


 Web Browser
MP4
WebM
Oog
 Internet Explorer 9+
YES
NO
NO
 Chrome 6+
YES
YES
YES
 Firefox 3.6+
NO
YES
YES
 Safari 5+
YES
NO
NO
 Opera 10.6+
NO
YES
YES

Cukup mudah bukan? 
Jika kalian ingin membuat pemutaran video dengan atribut HTML5 ini, silahkan buat atribut VIDEO di notepad dan save menggunakan format html, atau bisa copas saja script di bawah ini :

<VIDEO controls="controls">
<SOURCE src="nama_video_anda.mp4" type="video/mp4">
<SOURCE src="nama_video_anda.ogg" type="video/ogg">
</VIDEO>

Silahkan improvisasi dan selamat belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.