Latest News

Cara Membuat Recent Comment di Blog

Recent Comments

Keberadaan komentar memang bisa dijadikan tolak ukur seberapa tenarkah sebuah blog, karena bagi saya sendiri, keberadaan komentar bisa dijadikan sebagai acuan kalau blog kita itu memang bermanfaat. Ada interaksi di dalamnya antara administrator dengan visitor. 

Dan bagaimana cara memantau komentar para komentator di blog. Ada beberapa cara diantaranya adalah dengan mengecek satu per satu konten di blog kita atau via email. Kalau via email kan yang tahu siapa komentator terakhir cuman kita sendiri, orang lain pun nggak tahu kan kalau kita nggak lapor. Dan kalau kita ngecek satu per satu konten, tentunya udah kebayang kan bagaimana repotnya, capeknya, dan malasnya. 

Nah, ada cara yang paling mudah dilakukan kok untuk terus menampilkan komentator terupdate dan terbaru di blog dan tentunya bisa dicek oleh siapa saja, baik kita sendiri maupun visitor kita yang lainnya. Dan tentunya kalau komentator kita banyak, kita bisa bangga dong dengan blog kita sendiri. Hal ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan Recent Comments. 

Mau tahu kan bagaimana caranya untuk menambahkan Recent Comments di blog kita sendiri. Silahkan copas saja script di bawah ini :

<style type="text/css">
ul.tb_recent_comments{list-style:none;margin:0;padding:0;}
.tb_recent_comments li{background:none !important;margin:0 0 6px !important;padding:0 0 6px 0 !important;display:block;clear:both;overflow:hidden;list-style:none;}
.tb_recent_comments li .avatarImage{padding:3px;float:left;margin:0 6px 0 0;position:relative;overflow:hidden;}
.tb_recent_comments li img{padding:0px;position:relative;overflow:hidden;display:block;}
.tb_recent_comments li span{margin-top:4px;color: #666;display: block;font-size: 12px;font-style: italic;line-height: 1.4;}
</style>
<script type="text/javascript">
//<![CDATA[
    // Recent Comments Settings
    var
numComments  = 3,
showAvatar  = true,
avatarSize  = 30,
characters  = 40,
defaultAvatar  = "http://png.findicons.com/files/icons/195/office_men/64/man_grey.png",
hideCredits = true;
//]]>
</script>

Kemudian simpan di Widget blog kamu masing-masing, terserah mau ditaruh di mana. Namun ada beberapa penjelasan script di atas sehingga teman-teman bisa bereksplorasi dan mengeditnya sendiri sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

numComments = Kalian bisa mengganti angka 3 di atas dengan ngka sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing. Perintah tersebut digunakan untuk menampilkan berapa banyak komentar yang akan ditampilkan di browser kalian, jadi jika kalian mencantumkan angka 3, maka akan tampil 3 komentar dari komentator di halaman blog kalian.

avatarSize = Yang ini adalah ukuran gambar avatar, angka 30 ini maksudnya adalah gambar avatar yang tampil memiliki ukuran 30x30 piksel. Kalian bisa mengganti dengan angka sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing ya.

characters = Nah, yang ini adalah perintah untuk menentukan jumlah karakter huruf yang akan ditampilkan. Ini termasuk menghitung spasinya ya. Kalian bisa ganti angka 40 dengan angka yang lainnya sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing tentunya.

defaultAvatar = Dan yang ini adalah link gambar avatar yang akan ditampilkan. Gambar avatar ini muncul apabila sang komentator tidak memiliki gambar avatar atau biasanya sih muncul jika komentator adalah anonymous. Jika komentator berkomentar dengan menggunakan akun Google, maka akan tampil avatar mereka masing-masing.

Nah, silahkan mencobanya sendiri ya kawan, semoga berhasil :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.