Latest News

Onno W Purbo : Pakar Teknologi Informasi dari Indonesia

Onno Widodo Purbo atau yang akrab dipanggil Onno W Purbo ini adalah seorang praktisi serta pakar dalam bidang teknologi informasi yang dimiliki oleh Indonesia. Pria murah senyum yang lahir di Bandung pada tanggal 17 Agustus 1962 ini dikenal sebagai penulis, pendidik serta pembicara berbagai seminar tentang teknologi. 

Beliau juga merupakan seorang aktivis dalam memperjuangkan internet murah dan penyebar teknologi Linux. Ini diupayakan oleh Onno salah satunya dalam bentuk Wajanbolic, Sebuah inovasi teknologi yang sangat terkenal yang didedikasikan sebagai upaya koneksi internet super murah nirkabel yang diperuntukkan kepada masyarakat luas serta RT/RW-Net yang memang diciptakan Onno demi kemajuan bangsa.

Pria yang pernah menjadi mahasiswa di ITB jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981 ini memang merupakan mahasiswa dengan predikat wisudawan terbaik. Dan selanjutnya pasca selesainya pendidikan di ITB, Onno kemudian melanjutkan studinya di Kanada berkat bantaun beasiswa dari PAUME.

Sebagai seorang praktisi serta pakar dalam dunia teknologi informasi, berbagai penghargaan telah disematkan terhadap beliau, beberapa di antaranya adalah :
  1. Pada tahun 1987, menjadi Lulusan terbaik Jurusan Teknik Elektro di ITB Bandung
  2. Pada tahun 1997, menerima ASAN Outstanding Engineering Achievement Award oleh AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organization).
  3. Pada tahun 2000, menerima Award for Indonesian Internet Figure oleh KADIN Telematika Award.
  4. Pada tahun 2005, mendapatkan Ashoka Senior Fellow dari Ashoka (Amerika Serikat)
  5. Pada tahun 2008, menerima IGOS Summit 2 Award dari MENKOMINFO.
Dan masih banyak lagi penghargaan bergengsi yang pernah beliau raih. Selain berbagai penghargaan yang pernah beliau dapatkan, Onno juga aktif menulis buku dan tentunya tak jauh dari dunianya teknologi informasi. Salah satu buku karyanya adalah : "Membuat sendiri Cloud Computing Server menggunakan Open Source", "Jaringan MESH: Solusi Jitu Membangun Jaringan Wireless Gotong Royong Tanpa Access Point","Bongkar Rahasia OpenBTS Untuk Jaringan Operator Seluler", dan masih banyak buku karya-karya beliau yang telah berhasil diterbiktkan.

Mau kenal lebih jauh tentang Onno Widodo Purbo? Silahkan klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.