Latest News

Tips Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa

Puasa Ramadhan
Ramadhan telah tiba, bulan yang penuh berkah kembali menemui kita untuk menjalankan puasa di bulan yang penuh dengan ampunan. Selama satu bulan penuh umat Islam diwajibkan untuk menahan dari apa saja yang dapat membatalkan puasanya, termasuk mengkonsumsi makanan pada fajar hingga waktu maghrib.  Ini tentunya bisa membuat stamina makin drop.

Namun apa solusinya agar saat berpuasa kondisi badan tetap fit dan tidak mudah loyo. Kali ini Nemu Kabar akan mencoba sharing beberapa hal tentang Tips Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa.
Beberapa hal tersebut adalah :

1. Makan Sahur
Makan sahur sangatlah penting untuk badan tetap mendapatkan suplai tenaga selama menjalankan puasa. Hampir lebih dari 14 jam tubuh tidak mendapatkan asupan gizi sama sekali sehingga tubuh bisa menjadi loyo. Dan makan sahur adalah hal yang cukup efektif untuk menjaga tubuh tetap mendapatkan asupan gizi sehingga sel-sel yang ada pada tubuh tetap bisa bekerja dengan normal.

2. Makan Makanan Yang Kaya Serat
Saat makan sahur, sangat dianjurkan untuk makan makanan yang memiliki serat yang cukup. Beberapa diantaranya adalah mengkonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin A,B,C, dan E, Hindari makanan yang bisa mengakbatkan gas seperti Kol dan lain sebagainya. Usahakan minum dengan minuman yang manis-manis,  dengan minuman atau makanan yang manis mengakibatkan tubuh cepat melepaskan insulin yang berfungsi untuk memasukkan jzat gula ke dalam sel-sel tubuh untuk membangkitkan energi, sedangkan makanan berserat berfungsi untuk memperlambat pencairan dan pengeluaran insulin. Dan saat setelah makan sahur sangat tidak dianjurkan untuk langsung tidur sebab tubuh membutuhkan delay beberapa saat untuk melakukan pencernaan makanan sahur.


3. Banyak Minum Air Putih
Hampir 80% dari tubuh kita adalah serupa cairan. Maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman yang sehat seperti air putih yang banyak. Saat menjalankan aktivitas sehari-hari saat puasa, keringat akan lebih banyak keluar dan artinya cairan tubuh kehilangan banyak cairan sehingga bisa mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu, peredaran darah dan pencernaan kurang lancar. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas air putih saat hendak menjalani ibadah puasa keesokan harinya.

4. Olahraga
Agar menjaga kondisi badan tetap fit dan bugar, tetaplah untuk menjaga pola olahraga sehingga bisa membantu melancarkan peredaran darah dan jantung anda tetap sehat selama menajalankan ibadah puasa.


5. Berbuka Pada Waktunya Secara Bertahap
Awali buka puasa anda dengan tepat waktu dan secara bertahap. Sangat dianjurkan untuk mengawali dengan yang manis-manis dan sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berat saat pertama kali berbuka puasa. Mungkin lebih tepatnya saat mendengar kumandang adzan maghrib, maka segeralah untuk berbuka puasa kemudian awali dengan minuman atau amakanan yang manis, dan makan makanan berat dilakukan setelah sholat maghrib atau setelah sholat Tarawih.


6. Mengendalikan Emosi
Selain menahan dari makan dan minum, puasa juga diperuntukkan untuk menahan diri, emosi dan syahwad secara menyeluruh. Sangat sayang hanya karena hal kecil puasa menjadi batal. Maka dari itu cobalah untuk menjaga emosi dan syahwad anda sehingga ibadah di bulan Ramadhan semakin berarti.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan selesai Ramadhan kita menjadi pribadi yang bersih dan fitrah. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.