Latest News

Kebutuhan Menjadi Sebuah Trand

Gadget selalu laku keras di pasaran bukan hanya lantaran hanya sebuah trand masa kini, akan tetapi gadget memang menjadi sebuah kebutuhan karena manusia condong akan memanfaatkan sesuatu yang dapat lebih mempermudah urusannya. Hal inilah yang jika terus menerus dilakukan hingga menjadi sebuah ketergantungan. Seakan tanpa gadget hidup serasa hampa.
 

Teknologi memang diciptakan hanya semata-mata untuk mempermudah manusia dalam melakukan berbagai kegiatannya, sperti halnya sebuah telephone, dahulu telephone identik dengan kabel, hingga semakin berkembangnya zaman, berkat hasil penemuan sang jenius, Martin Cooper, kini beredarlah telephone
genggam atau handphone. Berawal dari hasil temuan Martin, konsep telephone nirkabel semakin dikembangkan, jika telephone kabel dirasa kurang efektif karena tidak bisa untuk digunakan dalam aktifitas mobilisasi, maka handphone yang menjadi primadona abad 20an.

Kemudian perkembangan zaman tak hanya lepas di situ saja, konsep yang dikembangkan oleh para ilmuwan tentang telekomunikasi nirkabel, sejak 1969 ARPA atau yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) menciptakan sebuah konsep baru dan hingga saat ini menjadi konsep yang sangat besar, yaitu bagaimana sebuah komputer dua atau lebih bisa terhubung dan bertukar data tanpa melalui kabel. Proyek ini yang akhirnya kini dikembangkan dan lahirlah berbagai media telekomunikasi berbasis internet. Dan yang biasa kita ketahui saat ini salah satunya adalah surat elektronik (E-Mail), dengan hadirnya E-mail, maka kita bisa berkomunikasi dan bertukar data dengan komputer lain hanya dengan sekali klik tombol SEND.

Kemudahan inilah yang akhirnya menjadi sebuah kebutuhan. Bahkan sampai saat ini kita bisa menemukan penggunaa E-mail bukan lagi hanya bisa dilakukan dengan komputer saja, semakin berkembangnya teknologi, handphone semakin dikembangkan yang akhirnya bisa terintegrasi dengan E-mail. Hingga akhirnya pertukaran data semakin mudah, cepat dan efisien.

Baca juga sejarah tentang Internet.

Lantas apakah sebuah kebutuhan ini bisa menjadi sebuah trand. Ini adalah sebuah pertanyaan yang sangat baik dan jawabannya adalah BISA. Lantas bagaimana sebuah kebutuhan ini bisa menjadi sebuah trand juga. Salah satu benua yang memiliki rasa gengsi tinggi adalah Asia, sebuah etos yang tak bisa dipungkiri lagi, selain manusia membutuhkan teknologi, manusia juga membutuhkan trand atau kebutuhan yang bisa diakomodir dengan lifestyle. Inilah yang manjadi upaya yang dilakukan para produsen gadget atau baranf-barang teknologi untuk memuaskan hasrat gengsi para penggunanya. Selain dibuat dengan desain yang lifestyle, tentunya kebutuhan terpenting yang diterapkan tidak mungkin dilepaskan. Karena sesungguhnya selain lifestyle, manusia juga ingin dipermudahkan urusannya saat menggunakan barang teknologi tersebut.

Lantas apakah hal ini menimpa barang-barang elektronik seperti gadget saja? Jawabannya adalah TIDAK. Selain barang-barang elektronik, berbagai alat lain juga bisa dikategorikan sebagai barang-barang teknologi. Seperi halnya Motor, Mobil, Rumah, dan masih banyak yang lainnya.

Lalu sampai kapan gaya hidup akan kebutuhan ini berakhir? Nampaknya tidak akan pernah berhenti hingga dunia ini berakhir. Karena semakin lama dan semakin banyak para ilmuwan menemukan hal-hal baru maka disitulah teknologi itu berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.