Latest News

Tips Menjadi Blogger Sejati


Anda seorang blogger? Atau anda mengaku-ngaku sebagai blogger? Nampaknya jika anda memang mengaku sebagai seorang blogger, tulisan saya ini memang penting untuk kalian baca. Di sini saya akan mencoba sedikit mengulas tentang dunia blogging.

Pada dasarnya, ngeblog adalah sebuah kegiatan yang positif, selain kita dapat mendedikasikan diri kita menjadi seorang jurnalist, keberadaan blog bagi anda para blogger dapat mengasah kemampuan anda untuk menulis. Berbagai hikmah ngeblog memang tak ada habisnya jika anda memang total dan loyal dalam kegiatan blogging anda itu.

Namun, perlu anda perhatikan berbagai hal yang harus dilakukan dan apa yang tak harus dilakukan jika anda memposisikan diri anda menjadi seorang blogger sejati. Adapun apa yang perlu anda perhatikan ini adalah seperti point-point di bawah ini :

1. No Copas (Copy Paste).

Seorang blogger sejatinya adalah orang-orang yang kreatif dan berwawasan tinggi, semua wawasan dan kreatifitas ini memang sudah selayaknya dituangkan dalam bentuk visual. Namun apakah kalian sadar, sebuah kreatifitas sebenarnya mahal harganya. Nah, jika anda memang merasa blogger sejati, tak mungkin anda rela menjatuhkan harga diri anda sendiri dengan melakukan copy paste (COPAS) karya orang lain untuk secara terang-terang dipamerkan di halaman blog kalian. Ini adalah hal sangat memalukan jika anda memposisikan diri sebagai blogger. Orisinilist tulisan sangat memperlihatkan seberapa pantas seseorang dianggap sebagai blogger sejati. Seburuk-buruknya tulisan anda, nampaknya itu hal yang paling baik dan terhormat dibanding kalian hanya menjadi plagiator. Banggalah dengan tulisan anda sendiri karena itulah hasil karya terbaik anda.

2. Blog Follow

Ini yang sering saya temukan di forum-forum komunitas blogger di seluruh penjuru dunia, setelah mereka asyik mempertontonkan blog mereka, tak pernah lepas dari tulisannya mengatakan "Happy Blog Walking", Blog Walking Gun", Salam Blog Walking". Hanya dengan senyuman saya melihat cuplikan-cuplikan kalimat mereka, karena memang ini adalah sebuah ajakan yang sangat baik. Karena sadar atau tidak sadar, pengunjung sangat menentukan popularitas blog anda di mesin pencari seperti Google. Tanpa pengunjung (visitor), blog kalian tak berarti apa-apa. Jadi perbanyaklah silaturrahmi antar blogger dengan kegiatan Blog Walking ini.

3. Hormati Blogger Lain.
Maksutnya apa sih pada point ke tiga ini? Sebagai seorang jurnalist yang baik, menghormati blogger atau jurnalist lain itu adalah sikap yang mutlak dimiliki karena dengan tidak memiliki etika saling menghormati dan menghargai, maka siap-siaplah anda musnah dan copot jubah kebanggan anda sebagai blogger sejati. Sikap saling menghormati ini bisa ditunjukkan dengan  bersedia menyertakan backlink jika kita membuat sebuah artikel atau berita yang anda dapatkan referensinya dari halaman blog atau situs orang lain. Ini adalah sikap bijak yang memang sudah selayaknya anda miliki jika anda mengaku memakai jubah kebesaran blogger.

4. Jurus SEO Yang Baik.
Ini adalah hal yang sangat penting juga yang harus kalian perhatikan dalam menjalankan profesi sebagai blogger. Teknik SEO sering sekali kita temukan di artikel-artikel blogger lain, jika anda belum tahu apa itu SEO, sedikit saya akan mencoba mengulasnya secara ringkas dan padat.
SEO adalah kepanjangan dari Search Enginee Optimization. Sebuah teknik yang dilakukan seorang webmaster atau blogger yang bertujuan untuk mengoptimalkan blog atau tulisan atau URL mereka sehingga bisa ter-index oleh mesin pencari secara baik dan sempurna untuk menempati posisi tertinggi dalam frontpage pencarian berdasarkan kata kunci (Keyword) tertentu.
Untuk meng-optimalkan kegiatan SEO ini, memang banyak jurus-jurus yang bisa kalian tempuh sehingga teknik SEO kalian semakin optimal. Namun ada hal-hal yang tidak pantas dilakukan diantara adalah melakukan shotlink sampah. Maksutnya adalah jangan melakukan tembak keyword namun saat orang akan mengunjungi alamat keyword tersebut, post yang dituju tidak ada atau link sampah. Ini yang sangat menjijikan yang memang tak pantas dilakukan bagi para blogger sejati. Ini termasuk kegiatan yang sangat tidak terpuji.

Mungkin hanya empat point dulu yang bisa saya sampaikan buah anda para blogger, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda untuk menjalani profesi anda sebagai seorang blogger sejati.
Salam sukses kawan. Salam Blogger :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.