Latest News

Cara Membuat Widget Yang Tidak Bisa Dihapus.


Mungkin bagi anda para blogger pemula akan menemukan berbagai kendala saat menggunakan template profesional yang beredar banyak di Internet. Adapun beberapa kendala yang memang sering terjadi salah satunya adalah pada Widget. Terkadang jika anda menggunakan sebuah template baru, ada beberapa fitur widget yang memang sengaja telah diikut sertakan dalam pengkodingan script template tersebut, namun saat anda membuka halaman dashboard, dan akan menghapus widget tersebut, ternyata kita tidak menemukan link Hapus/Delete pada kolom widget tersebut. Nah, padahal anda sangat ingin menghapus atau meng-edit nya lagi. Bagaimana caranya agar widget yang dimaksut bisa dihapus atau dimanipulasi (diedit)?

Caranya sangat mudah. Untuk pertama kalinya coba perhatikan title Widget tersebut, setelah anda mengingat title Widgetnya, silahkan anda buka Dashboard -> Template.

Setelah anda masuk ke halaman Template, silahkan pilih Edit HTML untuk masuk ke halaman Script XML-nya.

Untuk mempermudah Pencarian, Silahkan tekan CTRL+F, dan masukkan judul Widget yang tadi anda maksutkan. Misalnya pada gambar di bawah ini, saya akan mencoba untuk melakukan perubahan pada Widget Kolom Chat, maka saya harus menuju script di bawah ini :

<b:widget id='HTML2' Locked='true' title='Kolom Chat' type='HTML'/>
Seperti gambar di bawah ini :


Silahkan ganti pada "locked='true'" menjadi "locked='false'". Kemudian pilih Save/Simpan Template.

Untuk membuktikan apakah widget tersebut sudah bisa dihapus, silahkan anda menuju "Tata Letak", Menuju Widget yang dimaksut, Silahkan klik Edit dan perhatikan Widget yang tadi anda edit, akan muncul link Hapus/Delete, dan anda saat ini bisa menghapus atau mengubahnya sesuka hati.



Semoga bermanfaat untuk anda semua. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.