Latest News

Bahasa Bali Hadir Di Halaman Frontpage Google.co.id


Setelah pernah merilis bahasa jawa di google.co.id, Raksasa internet itu kembali menyertakan bahasa bali di pilihan bahasa saat kita membuka halaman frontpage google.co.id.

Sistem translating google yang satu ini menyertakan bahasa bali dan dilakukan penerjemahannya pada bulan Maret hingga April pada tahun lalu. Hasil kerjasama dengan pihak Yayasan Dwijendra bersama dengan BASAbali.org, lebih dari 45 mahasiswa beserta dengan berbagai ahli bahasa dari Universitas Udayana. Yayasan Dwijenda ini ikut andil untuk membantu melakukan proyek penerjemahan bahasa bali di Google.co.id sebagai media pencarian terbesar di dunia ini.

Sebuah inovasi terbaru untuk saudara-saudara kita di bali, akhirnya kini bahasa mereka dinobatkan dalam salah satu pilihan bahasa di jajaran bahasa seluruh dunia yang dipakai Google.

Kepala ahli bahasa di BASAbali.org, Windhu Sancaya mengatakan bahwa kemajuan yang luar biasa ini adalah inovasi bagi masyarakat Bali sebagai bagian dari alam semesta, bahasa dan pihaknya akan terus dengan senang hati membantu mengembangkan bahasa Bali, khususnya pada kalangan anak muda masa kini yang gemar menggunakan internet dan teknologi informasi lainnya. Sancaya juga mengatakan bahwa hal tersebut dapat menciptakan kesadaran bagi mereka untuk tetap melestarikan dan mengembangkan bahasa sebagai bagian dari kehidupan mereka di tengah-tengah era globalisasi.

Head of Country Google Indonesia, Rudy Ramawy mengatakan, "Google dengan senang hati siap membantu upaya-upaya pelestarian warisan Indonesia yang kaya akan budaya dan bahsa. Kami sangat berterima kasih kepada Basa Bali untuk dedikasi mereka untuk membantu kami menerjemahkan natarmuka pencarian halaman depan Google. Sebagai bahasa daerah yang digunakan oleh 4 juta orang lebih, kami berharap bahasa Bali di Google akan memudahkan lebih banyak lagi pengguna internet menemukan berbagai informasi yang mereka butuhkan".

Meski bahasa Bali telah dinobatkan sebagai salah satu bahasa pilihan di frontpage Google, akan tetapi bahasa Bali tidak akan digunakan di Google Translate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bendera | Distributed By Blogger Templates | Designed By Templateism.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.